Asuransi Kesehatan Manfaat dan Keuntungannya
Asuransi Kesehatan

Rating 0/5 - 0 Votes

Asuransi Kesehatan Manfaat dan Keuntungannya

Lihat penuh
Bonus
Rp500.000
Ajukan Asurasi Kesehatan di Tokopedia, Bonus Gift Card Hingga Rp500.000
Gift Card senilai Rp500.000 akan diberikan langsung oleh mitra penyedia layanan asuransi setelah aplikasi pengajuan berhasil divalidasi
Lihat penuh
Promo tidak ditemukan

Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia 2018

Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis asuransi yang dapat dimiliki individu untuk memastikan jaminan kesehatan atas individu tersebut. Jaminan kesehatan diberikan kepada tertanggung, apabila si tertanggung ingin berobat karena sakit atau kecelakaan.

Asuransi kesehatan (health insurance) menanggung biaya pengobatan tertanggung di berbagai fasilitas kesehatan. Tanggungan tersebut termasuk biaya dokter, layanan medis, tindakan medis, obat-obatan dan sebagainya. Untuk itu, tertanggung perlu mengajukan klaim asuransi.

Jaminan asuransi kesehatan mencakup berbagai perlindungan, seperti tanggungan biaya rawat inap di rumah sakit, rawat jalan, biaya laboratorium, dan sebagainya. Beberapa perusahaan asuransi juga menanggung biaya melahirkan normal ataupun caesar.

Perlindungan dan manfaat asuransi kesehatan bisa didapatkan dengan membeli produk asuransi. Nasabah pemegang polis asuransi kesehatan wajib membayar premi asuransi secara berkala. Anda bisa memilih asuransi kesehatan yang bagus dan paling sesuai kebutuhan.

asuransi kesehatan

Besarnya premi asuransi kesehatan sangat bervariasi. Asuransi kesehatan terbaik preminya tak selalu mahal. Besar premi asuransi kesehatan diatur perusahaan asuransi, disesuaikan dengan tingkat risiko, manfaat asuransi dan kondisi kesehatan tertanggung.

Jaminan kesehatan di Indonesia menurut penyedianya dibagi dua: swasta dan pemerintah. Contoh asuransi kesehatan dari pemerintah adalah BPJS Kesehatan. Itu adalah salah satu opsi asuransi kesehatan murah.

Selain itu, ada banyak sekali pilihan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) preminya ringan namun memiliki keterbatasan pemilihan rumah sakit/fasilitas kesehatan.

Asuransi kesehatan swasta/mandiri unggul dalam fleksibilitas, kemudahan dan kecepatan. Asuransi kesehatan yang bagus biasanya menawarkan pelayanan kesehatan tanpa bayar tunai (cashless) dengan rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang jadi mitranya.

Jika fasilitas kesehatan atau rumah sakit belum bekerja sama dengan perusahaan asuransi, biaya pengobatan tetap ditanggung dengan cara reimbursement.

Saat ini, beberapa penyedia asuransi menawarkan paket asuransi kesehatan keluarga cashless. Dengan demikian, seluruh keluarga Anda yang jadi tertanggung bisa terlindungi. Anda bisa memilih asuransi terbaik sesuai kebutuhan dan kesanggupan Anda membayar premi.

Mengapa kita butuh asuransi kesehatan?

Ada beberapa alasan yang membuat kita membutuhkan perlindungan asuransi kesehatan. Beberapa di antaranya:

  1. Kita tak tahu bagaimana kondisi finansial kita ketika jatuh sakit, mengalami kecelakaan, atau memerlukan layanan kesehatan yang urgent. Dengan asuransi kesehatan, kita tak perlu pusing memikirkan harus membayar biaya rumah sakit.
  2. Asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan ketika sewaktu-waktu kita jatuh sakit, perlu diperiksa, atau perlu dirawat di rumah sakit. Jika kondisi finansial sedang tak mendukung, kita tak perlu repot mencari pinjaman atau menyusahkan keluarga.
  3. Kalaupun asuransi kesehatan tak menanggung semua biaya rumah sakit, setidaknya jaminan tersebut akan mengurangi biaya.
  4. Asuransi kesehatan keluarga akan memberi rasa aman dan tenang, karena kita tahu seluruh keluarga, anak, suami dan istri, terlindung oleh jaminan.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan sangat besar, baik untuk tertanggung ataupun keluarga tertanggung. Bagi pihak tertanggung, jika mereka sakit atau memerlukan tindakan medis segera, mereka bisa langsung mendapatkannya dengan cepat.

Untuk keluarga tertanggung, manfaat memiliki asuransi kesehatan adalah, mereka tak lagi bingung masalah biaya pengobatan. Akan lebih menguntungkan jika sekeluarga terlindungi oleh asuransi kesehatan keluarga, yang akan memberi jaminan kesehatan menyeluruh.

Di antara sekian banyak fungsi asuransi kesehatan, tentu ada kerugian dan kekurangannya. Sebelum membeli asuransi, Anda harus mengetahuinya.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Apa saja keuntungan asuransi kesehatan?

  1. Tentu keuntungan asuransi kesehatan yang utama adalah adanya jaminan kesehatan jika tertanggung memerlukan perawatan medis. Dengan adanya asuransi, tertanggung bisa berobat rawat inap dan rawat jalan tanpa mengeluarkan biaya.
  2. Perlindungan asuransi kesehatan lebih spesifik daripada asuransi jiwa. Tertanggung akan dijamin dengan perlindungan tambahan dengan biaya lebih murah. Tak perlu khawatir kehabisan atau kekurangan uang saat menjalani pengobatan.
  3. Jaminan asuransi kesehatan meliputi rawat inap, rawat jalan, perawatan penyakit kritis, bahkan perawatan gigi, laboratorium, obat-obatan dan berbagai jenis terapi spesifik. Jaminan yang ditanggung memang tergantung skema yang Anda beli.
  4. Beberapa produk asuransi kesehatan di Indonesia biasanya bisa juga dijadikan sarana investasi, seperti jika menabung di bank. Jika tak digunakan, Anda bisa mendapatkan kembali uang tunai dari premi yang Anda bayarkan.
  5. Jika Anda membeli asuransi kesehatan keluarga, biasanya premi yang ditawarkan per-kepala bisa lebih murah.
  6. Berobat tanpa harus bayar tunai/kartu kredit. Anda tinggal menunjukkan kartu jaminan kesehatan atau kartu asuransi kesehatan kepada kasir/administrasi rumah sakit.
  7. Beberapa produk asuransi kesehatan dilengkapi fasilitas evakuasi medis gratis, seperti helikopter atau layanan ambulans gratis.

Apa saja kerugian asuransi kesehatan?

  1. Kerugian asuransi kesehatan di antaranya adalah biaya premi yang bisa jadi cukup besar ketika membeli asuransi kesehatan keluarga. Tentu saja, premi asuransi keluarga akan lebih besar daripada asuransi individu. Namun hal ini wajar, karena seluruh keluarga akan terlindungi.
  2. Tak semua produk jaminan kesehatan merupakan asuransi kesehatan plus investasi. Investasi biasanya disatukan dengan produk asuransi jiwa. Namun beberapa perusahaan asuransi sudah mulai menawarkan investasi yang digabungkan dengan asuransi kesehatan.
  3. Beberapa tindakan medis, pengobatan dan prosedur mungkin tak ditanggung oleh asuransi kesehatan Anda. Anda bisa memilih paket asuransi dengan manfaat paling lengkap, tapi tetap saja ada hal-hal yang tak ditanggung, dan ada batasan seberapa besar tanggungannya.

Apa saja manfaat asuransi kesehatan karyawan bagi perusahaan?

Bagi pemilik perusahaan manfaat asuransi kesehatan yang disediakan bagi karyawan cukup besar. Saat ini pemerintah mewajibkan perusahaan memberi jaminan kesehatan karyawan, salah satunya BPJS Kesehatan.

Asuransi kesehatan bagi karyawan termasuk jenis asuransi kesehatan kumpulan, alias group health insurance.

Manfaat asuransi kesehatan bagi karyawan adalah menjamin karyawan jika mengalami kecelakaan di tempat kerja, apalagi kalau risiko pekerjaannya besar. Dengan demikian, alih-alih perusahaan, perusahaan asuransi lah yang akan menanggung biaya pengobatan.

Selain itu, perusahaan yang memberi asuransi kesehatan karyawan terbaik tentu akan dicari oleh banyak karyawan. Loyalitas karyawan yang sudah ada juga akan menguat. Selain faktor gaji dan tunjangan, kualitas asuransi kesehatan juga jadi pertimbangan karyawan.

Bagi karyawan, mendapat asuransi jaminan kesehatan dari perusahaan tentu menguntungkan. Selain tak perlu membayar premi asuransi sendiri (sebagian/seluruhnya ditanggung perusahaan), karyawan bisa lebih diringankan secara finansial saat sakit.

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan

Jenis-jenis asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih sangat banyak. Masing-masing perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia menawarkan produk yang berbeda-beda. Anda bisa memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.

Seperti halnya asuransi mobil atau asuransi jiwa, Ada macam-macam asuransi kesehatan di Indonesia yang didefinisikan berdasarkan beberapa kriteria. Beberapa di antaranya yang ditawarkan perusahaan asuransi kesehatan:

A.    Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatan

Asuransi kesehatan rawat inap. Jenis ini mengharuskan si tertanggung untuk menjalani pengobatan/dirawat di rumah sakit (opname, dll) jika ingin klaim asuransi cair.

Asuransi kesehatan rawat jalan. Jenis ini hanya menanggung biaya rawat jalan, seperti periksa dokter, obat-obatan, lab, dan tindakan medis yang tak mengharuskan pasien menginap. Saat ini ada juga asuransi kesehatan yang menanggung kedua jenis perawatan bersama-sama.

B.     Asuransi kesehatan berdasarkan biaya yang ditanggung

Tanggungan total. Asuransi kesehatan jenis ini adalah di mana perusahaan asuransi kesehatan menanggung seluruh biaya perawatan, baik rawat inap dan rawat jalan. Jumlah yang ditanggung asuransi sesuai dengan yang tercantum dalam polis asuransi.

Tanggungan tinggi. Asuransi ini menanggung biaya perawatan kesehatan hanya yang jumlahnya besar, dan tak menanggung biaya-biaya kecil. Contohnya, obat-obatan murah, pemeriksaan, diagnosis, dan sebagainya.

C.     Asuransi kesehatan berdasarkan orang yang ditanggung

Asuransi kesehatan individu/personal. Memberikan perlindungan jaminan kesehatan kepada satu orang saja (pribadi).

Asuransi kesehatan kumpulan. Disebut juga Group Health Insurance, memberi perlindungan kepada kelompok tertentu, misalnya dalam rentang usia tertentu dalam perusahaan.

Produk asuransi kesehatan apa saja yang ada di Indonesia?

Berikut ini adalah produk yang ditawarkan berbagai perusahaan asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih, selain BPJS Kesehatan yang diberikan kantor:

  1. Prudential
  2. Allianz
  3. Sinar Mas
  4. AXA
  5. Manulife
  6. AXA Mandiri
  7. Equity
  8. MAG
  9. Bumiputera
  10. Avrist
  11. BNI Life
  12. Cigna
  13. Takaful
  14. Chubb
  15. Jagadiri
  16. Adira
  17. ACE Jaya Proteksi
  18. Tokio Marine
  19. AIA
  20. CAR
  21. Sun Life Financial
  22. CIMB Niaga Sun Life
  23. dan sebagainya.

Selain dari perusahaan asuransi, Anda juga bisa membeli asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan lainnya. Contohnya adalah dari rumah sakit dan third party administrator (TPA), misalnya AdMedika.

Contoh asuransi yang menawarkan perawatan di rumah sakit tertentu adalah Asuransi Kesehatan MediPlus dari Lippo Insurance dan Siloam Hospital. Asuransi jenis ini menawarkan asuransi individu dan asuransi kesehatan keluarga cashless.

Karena keragaman jenis permintaan di Indonesia, perusahaan asuransi ikut merancah produk asuransi yang sesuai. Perusahaan asuransi kesehatan Indonesia biasanya menawarkan produk asuransi kesehatan konvensional dan asuransi kesehatan syariah.

Selain itu, untuk melengkapi berbagai pilihan di atas, berikut contoh produk dan perusahaan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia:

Asuransi Kesehatan Prudential

Asuransi Kesehatan Prudential ditawarkan oleh perusahaan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang sudah berdiri sejak 1995, dan sudah terdaftar OJK. Jenis produk asuransi kesehatan yang bagus dan cukup populer dari Prudential adalah:

  1. PRUmed cover.
  2. PRUmed cover syariah.
  3. PRUprime healthcare.
  4. PRUprime healthcare syariah.
  5. PRUhospital&surgical cover plus.
  6. PRUhospital&surgical cover plus syariah.

Anda bisa memperoleh salah satu jaminan kesehatan ini dengan cara membeli asuransi kesehatan prudential online.

asuransi kesehatan prudential online

Asuransi Kesehatan Allianz

Asuransi Kesehatan Allianz ditawarkan oleh perusahaan asuransi PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Indonesia) yang sudah beroperasi sejak 1989, dan sudah terdaftar di OJK. Produk asuransi kesehatan terbaik Allianz yang cukup populer adalah:

  1. SmartHealth Maxi Violet (asuransi kesehatan pribadi dan keluarga cashless).
  2. Smartmed Premier (juga cashless).
  3. Allysia Care (asuransi kesehatan syariah).
  4. Allianz Critical Illness.
  5. Hospital and Surgical Care Plus.
  6. Alysia Hospital and Surgical Care Plus (syariah).

Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Asuransi kesehatan AXA Mandiri merupakan salah satu produk asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, dari AXA Mandiri. Perusahaan asuransi yang bergerak di bidang asuransi jiwa dan asuransi umum tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Beberapa produk jaminan kesehatan terpercaya dari AXA Mandiri di antaranya:

  1. Asuransi Mandiri Kesehatan Prima.
  2. Asuransi Mandiri Jaminan Kesehatan.
  3. Asuransi Mandiri Proteksi Kanker.
  4. Asuransi Mandiri Hospitalife.
  5. Asuransi Mandiri Heart Protection.

Anda bisa mendapatkan salah satu produk dan mendapat perlindungan dengan membeli asuransi kesehatan AXA Mandiri online di situsnya.

asuransi kesehatan AXA Mandiri online

Asuransi Kesehatan Sinarmas

Asuransi Kesehatan Sinarmas ditawarkan oleh salah satu perusahaan asuransi umum terbesar di Indonesia, PT Asuransi Sinarmas. Pada 2014, Sinarmas mendapat penghargaan perusahaan asuransi umum terbaik dari Indonesia Insurance Consumer Choice Award.

Beberapa produk Asuransi Kesehatan Sinarmas yang bisa Anda pilih di antaranya:

  1. Produk asuransi kesehatan individu dan keluarga: Asuransi Kesehatan Simas Sehat Gold, Asuransi Kesehatan Simas Sehat Executive, Asuransi Kesehatan Simas Sehat Income, Asuransi Kesehatan Simas Sehat Platinum.
  2. Produk asuransi kesehatan perusahaan: Asuransi kesehatan kumpulan Simas Sehat Corporate.

Anda bisa membeli asuransi kesehatan Sinarmas secara online di beberapa situs tertentu.

Membeli Asuransi Kesehatan: Segala yang Perlu Kita Tahu

Untuk mendapat jaminan kesehatan dan menghindari kantong jebol saat membayar tagihan rumah sakit, Anda bisa membeli asuransi kesehatan. Anda bisa membeli asuransi melalui agen asuransi kesehatan dari berbagai perusahaan, atau membeli asuransi kesehatan online.

Beli asuransi online, selain mudah dan tidak ribet, juga menawarkan banyak keuntungan. Beberapa di antaranya:

Proses pembelian asuransi dilakukan secara online. Mulai dari transaksi, proses aplikasi asuransi kesehatan, status pengajuan, semuanya online. Ini akan mempermudah dan menghemat waktu Anda, tanpa perlu mendatangi agen asuransi.

Memilih produk asuransi kesehatan online lebih mudah. Banyak pilihan produk asuransi kesehatan yang bisa Anda temukan secara online, berikut review para nasabahnya. Anda pun bisa membandingkan keuntungan dan kerugiannya untuk memutuskan dengan tepat.

Biaya polis asuransi lebih murah. Mengajukan asuransi kesehatan online biayanya lebih murah dibandingkan offline. Biaya asuransi kesehatan seperti distribusi dan infrastruktur akan berkurang, sehingga premi asuransi lebih murah.

Mengisi formulir aplikasi asuransi kesehatan online lebih mudah. Hanya tinggal mengisi tanpa perlu repot menulis tangan. Selain itu, dokumen kelengkapan pengajuan juga bisa diunggah, tanpa perlu difotokopi banyak-banyak.

Banyak pilihan produk asuransi yang bisa dilihat. Baik produk asuransi kesehatan murni ataupun asuransi kesehatan plus investasi, semua bisa dibeli secara online.

Membeli Asuransi Kesehatan

Apa yang perlu diperhatian sebelum membeli asuransi kesehatan?

Sebelum memutusan membeli asuransi kesehatan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan pahami. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Jangka waktu asuransi kesehatan. Pastikan Anda membeli asuransi kesehatan seumur hidup, atau yang bisa diperpanjang jangka waktunya.
  2. Jumlah copayment. Asuransi kesehatan bermanfaat untuk menjamin kelancaran perawatan kesehatan tak peduli bagaimana kondisi finansial Anda. Pilih asuransi kesehatan 0 copayment agar semua klaim ditanggung penuh, dan Anda tak perlu membayar biaya apapun.
  3. Biaya kamar RS yang ditanggung asuransi. agar nyaman ketika dirawat di rumah sakit, pilihlah polis asuransi yang menanggung biaya kamar cukup tinggi. Setidaknya Anda perlu asuransi kesehatan yang menanggung biaya kamar Kelas I dengan jumlah dua pasien sekamar.
  4. Masa tunggu penyakit. Agar asuransi kesehatan bisa dimanfaatkan dengan maksimal, pilihlah produk asuransi dengan masa tunggu penyakit yang tak terlalu panjang.

Jenis Klaim Asuransi Kesehatan

Biaya pergantian atau klaim asuransi kesehatan ada dua jenis, di antaranya:

Asuransi kesehatan cashless (tak perlu uang tunai). Nasabah akan diberi kartu asuransi yang bisa dipakai sebagai alat pembayaran di rumah sakit. Dengan asuransi kesehatan cashless, Anda tak perlu membayar biaya pengobatan dengan uang tunai / kartu kredit.

Asuransi kesehatan reimbursement (perlu uang tunai). Nasabah harus membayar dulu biaya rumah sakit dengan uang tunai. Perusahaan asuransi akan mengganti biayanya jika nasabah menagih dengan melampirkan kuitansi, hasil diagnosa, dan dokumen lain yang diperlukan.

Itulah sekilas mengenai jaminan kesehatan dan asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, yang bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga. Apapun pilihan asuransi kesehatan Anda, pastikan jaminan tersebut sesuai kebutuhan Anda dan keluarga, atau perusahaan Anda hanya di DiskonAja.