Asuransi Mobil
Asuransi Mobil

Rating 0/5 - 0 Votes

Asuransi Mobil

Lihat penuh
Asuransi
Mobil
Dapatkan Promo Asuransi Mobil Terbaik & Termurah Online!
Kami bekerja sama dengan perusahaan asuransi terbaik di Indonesia seperti AXA, ACA Asuransi, Axa mandiri, Adira
Lihat penuh
Promo tidak ditemukan

Asuransi Mobil Terbaik dan Terpercaya

Apa itu asuransi mobil? Asuransi mobil adalah jaminan perlindungan kendaraan atas risiko kerusakan dan kehilangan atas mobil yang kita miliki. Perusahaan asuransi mobil akan memberi perlindungan untuk mobil pribadi, atau milik perusahaan.

Dengan membeli polis dan membayar premi asuransi mobil, kendaraan akan terlindungi dari berbagai risiko. Jaminan tersebut berupa ganti rugi akibat kecelakaan, bencana alam, kerusakan, kebakaran hingga kehilangan. Kerusakan karena kerusuhan juga ditanggung.

Dengan memiliki polis asuransi mobil, jika terjadi hal tak diinginkan yang mengakibatkan kerusakan atau kehilangan mobil, kerugian finansial akan ditanggung. Anda tinggal mengajukan klaim asuransi mobil dengan mendatangi bengkel lebih dulu.

Asuransi Mobil

Tapi pastikan hanya asuransi mobil terbaik yang Anda pilih. Saat ini, sudah banyak asuransi yang bagus dan terpercaya, yang menawarkan diskon asuransi mobil. Dengan promo potongan harga tersebut, biaya asuransi mobil akan jadi lebih ringan.

Jenis asuransi kendaraan atau car insurance di Indonesia ada dua, yakni asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO. Keduanya memiliki keuntungan tersendiri, hanya tergantung kebutuhan Anda saja. Mengenai jenis asuransi mobil, akan dibahas mendetail dalam artikel ini.

Baca lebih lanjut untuk memastikan hanya asuransi mobil all risk terbaik atau asuransi TLO terbaik yang Anda beli. Segala yang perlu Anda tahu akan dibahas di sini.

Produk asuransi mobil terbaik di Indonesia

Perusahaan asuransi di Indonesia yang menyediakan layanan asuransi mobil sangat banyak. Banyak juga dari mereka yang memberikan diskon dan promo asuransi kendaraan untuk menarik nasabah, sehingga Anda bisa membeli asuransi mobil murah. Beberapa di antaranya:

  1. Garda Oto
  2. ACA
  3. Sinarmas
  4. Autocillin
  5. AIG
  6. Allianz
  7. Sompo
  8. Himalaya
  9. Ramayana
  10. Pan Pacific
  11. Jasindo
  12. Chubb
  13. Simasnet
  14. ABDA
  15. Raksa
  16. MAG
  17. AXA
  18. AXA Mandiri
  19. Tokio Marine
  20. Avrist Insurance
  21. MNC Insurance

Itulah beberapa contoh asuransi kendaraan yang ada di Indonesia.

Mengapa perlu memiliki polis asuransi mobil?

Mengapa perlu punya polis asuransi mobil? Selain membahayakan fisik dan jiwa Anda, kecelakaan lalu lintas juga pasti menimbulkan kerugian berupa kerusakan kendaraan. Kepolisian mencatat, di tahun 2017, terjadi 98.419 kali kecelakaan lalu lintas di Indonesia.

Risiko terluka atau kematian karena kecelakaan bisa dijamin oleh asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Bagaimana dengan kerusakan kendaraan? Tentu saja kita memerlukan jaminan perlindungan asuransi kendaraan.

Tentu Anda tahu, biaya reparasi dan perbaikan kendaraan di bengkel bisa sangat mahal. Walaupun hanya baret dan penyok sedikit, biayanya bisa selangit. Keuntungan asuransi mobil adalah, Anda tak perlu mengeluarkan biaya perbaikan mobil. Asuransi yang menanggungnya.

Bukan hanya risiko kecelakaan yang membuat Anda perlu membeli polis asuransi mobil. Belakangan ini, tingkat pencurian kendaraan semakin tinggi. Dengan mengasuransikan kendaraan Anda, maka kerugian akibat kehilangan bisa ditanggung pihak asuransi.

klaim asuransi kendaraan

Selain menanggung biaya perbaikan karena kecelakaan atau kerusakan, ada lagi manfaat asuransi kendaraan. Jika mobil Anda dicuri, maka perusahaan asuransi akan menanggung kerugiannya. Anda tinggal mengajukan klaim asuransi kendaraan asalkan syarat terpenuhi.

Lalu apakah hanya mobil baru yang bisa diasuransikan? Ternyata tidak. Anda juga bisa membeli asuransi mobil bekas. Memang premi asuransi mobkas agak sedikit lebih tinggi, tapi jika manfaatnya sepadan, kenapa tidak?

Asuransi mobil bekas tentu beda dengan mobil baru. Pengajuan asuransi mobkas hanya bisa dilakukan di showroom. Sementara asuransi kendaraan baru bisa dibeli online ataupun langsung melalui agen/showroom.

Jenis-jenis Asuransi Mobil

Jenis asuransi mobil adalah hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli asuransi yang ditawarkan perusahaan asuransi. Tujuannya adalah supaya Anda bisa memilih produk asuransi kendaraan yang tepat untuk mobil kesayangan, dengan perlindungan maksimal.

Untuk saat ini, secara umum, ada dua jenis asuransi mobil, yakni asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO atau total loss only. Keduanya menawarkan manfaat yang berbeda, dan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk adalah produk asuransi yang menawarkan jaminan untuk segara risiko. Asuransi ini disebut asuransi kendaraan comprehensive atau keseluruhan. Jika membeli polis asuransi all risk, artinya perusahaan asuransi akan membayar klaim untuk segala jenis kerugian.

Asuransi all risk mobil meliputi apa saja? Jika mobil dilindungi asuransi all risk, artinya semua kerugian, termasuk kerusakan ringan hingga berat, dan kehilangan akan ditanggung asuransi.

Berbeda dengan asuransi TLO, jika kendaraan dilindungi asuransi all risk, hanya lecet sedikit saja Anda bisa mengajukan klaim. Biaya perbaikannya akan ditanggung perusahaan asuransi. Namun premi asuransi kendaraan all risk lebih mahal daripada TLO.

Anda bisa membeli asuransi mobil all risk secara online, bisa juga di showroom. Hanya saja jika online, Anda bisa membandingkan asuransi mobil all risk termurah. Selain itu, biasanya Anda bisa mendapat berbagai diskon dan promo asuransi mobil jika membeli online.

Lalu apa itu perluasan jaminan all risk? Perluasan jaminan asuransi all risk adalah perluasan jaminan-jaminan pokok dari asuransi kendaraan yang Anda beli. Jika sudah dilakukan perluasan, asuransi all risk akan berubah menjadi asuransi mobil comprehensive.

Jaminan perlindungan apa saja yang ditawarkan asuransi all risk comprehensive? Pertanggunan all risk yang diperluas mencakup perlindungan dari risiko yang disebabkan oleh:

  1. Kerusuhan dan huru-hara.
  2. Banjir, angin topan, badai, dan kerusakan yang disebabkan air.
  3. Bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.
  4. Kecelakaan pengemudi dan kecelakaan penumpang.
  5. Sabotase atau terorisme.
  6. Third Party Liability (TPL).
  7. Tanggung Jawab Hukum terhadap Penumpang (TJHP).
  8. Bengkel Resmi.

Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

Asuransi mobil TLO (Total Loss Only) adalah asuransi yang hanya mengganti total kerugian atau total kehilangan yang diderita pemegang polis asuransi. Lalu apa saja kerugian yang ditanggung asuransi TLO?

Total loss only atau “kehilangan total” yang dimaksud di sini adalah jika kerusakan kendaraan terjadi lebih dari 75%. Kehilangan yang ditanggung juga adalah kehilangan mobil karena kecurian atau perampokan.

Jika total kerusakan kendaraan kurang dari 75%, maka pihak asuransi tak akan mengeluarkan uang ganti rugi. Asumsinya, jika kerusakan yang terjadi separah 75%, maka mobil jadi tak bisa lagi digunakan. Jadi kerugian itulah yang ditanggung asuransi TLO.

asuransi TLO

Kekurangannya, jika mobil rusak sedikit, penyok, atau lecet, maka klaim asuransi mobil tak akan cair. Namun kelebihan asuransi mobil TLO adalah premi asuransinya yang lebih ringan daripada asuransi all risk.

Biaya asuransi all risk memang lebih tinggi dibandingkan TLO, terlebih lagi jika Anda ingin menambah perluasan jaminan. Lalu bagaimana, apakah lebih baik pilih jenis asuransi mobil all risk atau asuransi TLO? Simak terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya ya.

Asuransi kendaraan terbaik: pilih all risk atau TLO?

Kalau Anda masih bingung antara memilih asuransi mobil all risk atau TLO, sebaiknya lihat seperti apa aktivitas Anda dalam menggunakan kendaraan. Biaya asuransi all risk memang lebih tinggi dibandingkan TLO, apalagi jika Anda ingin menambahkan perluasan perlindungan.

Apakah kendaraan Anda butuh asuransi all risk/comprehensive? Ya, jika harga mobil Anda cukup tinggi, dan biaya perbaikannya cukup mahal walau hanya untuk kerusakan ringan. Apalagi jika mobil sering dipakai, maka risiko yang ada cukup besar.

Makin sering mobil dipakai, maka kemungkinan kecelakaan atau kerusakan makin tinggi. Itulah yang membuat Anda perlu membeli asuransi all risk. Jenis asuransi mobil ini cocok untuk Anda yang jalur lintasannya padat, dan memakai mobil setiap hari dengan jarak menengah atau jauh.

Asuransi all risk juga cocok untuk mobil kantor, mobil rental, atau mobil untuk usaha transportasi atau taksi online. Frekuensi pemakaian mobil harus dijadikan pertimbangan dalam memilih asuransi kendaraan.

Bagaimana dengan asuransi mobil TLO? Jika memang mobil Anda tak sering dipakai, maka lebih baik memilih asuransi TLO. Makin jarang dipakai, risiko kecelakaan akan lebih kecil. Selain itu, perlu mempertimbangkan tingkat kriminalitas juga.

Jika wilayah tempat tinggal Anda kriminalitasnya cukup tinggi, maka Anda perlu pertimbangkan membeli asuransi mobil TLO.

Supaya tak salah pilih, silakan bandingkan kekurangan dan keuntungan asuransi TLO dan all risk saat Anda membeli asuransi mobil online. Berbagai produk asuransi tersedia online, sehingga Anda bisa memilih asuransi mobil termurah dan terbaik di Indonesia.

Jenis Asuransi Mobil Kombinasi All Risk dan TLO

Sebenarnya Anda bisa membeli asuransi mobil kombinasi all risk dan TLO. Jika Anda membeli mobil second dan mencari asuransi mobil bekas, ini bisa jadi pertimbangan. Namun mobil baru pun bisa menggunakannya.

Silakan beli polis asuransi all risk pada tahun pertama dan kedua, lalu Anda bisa membeli polis asuransi TLO untuk tahun ketiga dan setelahnya. Logikanya, mobil semakin baru biaya perawatan dan perbaikannya semakin tinggi, sehingga butuh jaminan perlindungan all risk.

Nah, seiring bertambahnya usia mobil Anda, maka tak ada salahnya jika Anda ingin gunakan jaminan perlindungan total loss only.

Cara membeli asuransi mobil

Bagaimana cara mengajukan atau membeli polis asuransi mobil? Pengajuan pembelian polis asuransi kendaraan atau vehicle insurance bisa dilakukan dengan mendatangi salah satu perusahaan asuransi yang terpercaya.

Seperti yang telah disebutkan di atas, perusahaan penyedia asuransi mobil terpercaya di antaranya Garda Oto, Asuransi Central Asia (ACA), Sinarmas, Asuransi Astra Buana, Allianz, dan sebagainya. Asuransi mobil all risk Garda Oto hanyalah satu di antara banyak produk.

Selain itu, Anda juga bisa membeli dari agen asuransi. Namun cara paling praktis mendapatkan asuransi kendaraan adalah dengan membeli asuransi mobil secara online.

Keuntungan Membeli Asuransi Mobil Online

Dengan membeli asuransi mobil online, Anda bisa membandingkan beberapa produk asuransi. Kesempatan mendapat info mengenai asuransi kendaraan bermotor terbaik dan termurah lebih besar.

Sebelum membeli asuransi, lihat dan bandingkan harga asuransi mobil, juga cari info mengenai asuransi mobil yang mudah klaimnya. Anda juga bisa mendapat simulasi asuransi mobil, mencari premi asuransi mobil termurah, dan sebagainya.

Selain itu, dari review para pemegang polis, Anda juga bisa mencari asuransi yang pas untuk jenis mobil tertentu. Misalnya asuransi mobil Toyota, Honda, Suzuki dan masih banyak lagi. Berikut beberapa keuntungan membeli asuransi kendaraan online:

  1. Praktis, karena semua proses dilakukan online. Transaksi, proses aplikasi, pembaruan status, dan pengecekan, semua online. Ini bisa menghemat banyak waktu dan lebih nyaman buat Anda.
  2. Banyak pilihan produk asuransi kendaraan yang tersedia online. Anda bisa membandingkan dan punya lebih banyak pilihan.
  3. Bisa melihat banyak ulasan atau review produk asuransi mobil dari banyak orang yang sudah menggunakan produknya. Ini akan membantu membuat keputusan mengenai produk asuransi yang Anda pilih.
  4. Biaya polis asuransi mobil lebih murah. Hal ini disebabkan karena tak adanya biaya distribusi dan infrastruktur, sehingga premi asuransi kendaraan bermotor Anda bisa lebih ringan.
  5. Proses pengajuan asuransi mudah. Anda tinggal mengunggah dokumen yang diperlukan ke situs yang menjadi agen asuransi online, tanpa perlu banyak fotokopi berkas.
  6. Tersedia banyak diskon, potongan harga, dan promo asuransi mobil online. Untuk menarik nasabah, banyak situs agen asuransi online menawarkan diskon asuransi kendaraan yang bisa membuat Anda menghemat banyak.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang apa itu asuransi mobil, dan keuntungan dari jaminan perlindungan kendaraan. Anda pun sudah tahu cara mendapatkan asuransi mobil, manfaat asuransi kendaraan dan asuransi mobil terbaik di Indonesia.

Keputusan kini ada di tangan Anda!.