Asuransi: Segala yang Perlu Kita Tahu
Asuransi

Rating 0/5 - 0 Votes

Asuransi: Segala yang Perlu Kita Tahu

Lihat penuh
Asuransi
Mobil
Dapatkan Promo Asuransi Mobil Terbaik & Termurah Online! Se-Indonesia
Dapatkan promo Asuransi Mobil terbaik dan termurah hanya di Cermati, berkerja sama dengan ACA Asuransi, AXA, Axa Mandiri, ADIRA Insurance, Asuransi MAG, Avrist, Asuransi Bintang, MNC Insurance, Malacca Trust, Asuransi Simasnet, Tokio Marine
Lihat penuh
Promo tidak ditemukan

Apa Itu Asuransi?

Apa itu Asuransi? Secara umum, asuransi adalah istilah yang menggambarkan sistem di mana terdapat ganti rugi finansial (perlindungan finansial atau penggantian dengan uang tunai). Asuransi terbaik biasanya menawarkan sistem yang menguntungkan.

Ganti rugi finansial dalam asuransi merupakan kompensasi untuk kejadian tak terduga, seperti sakit, kerusakan, kehilangan dan kematian. Ganti rugi tersebut didapatkan dengan melibatkan pembayaran premi asuransi secara rutin, dalam jangka waktu tertentu.

Pembayaran premi asuransi merupakan pergantian untuk polis asuransi yang menjamin perlindungan tersebut.

Asuransi terbaik

Secara khusus, pengertian asuransi adalah perjanjian, di mana penanggung (perusahaan asuransi) terikat dengan tertanggung (nasabah) dengan menerima premi asuransi. Perjanjian tersebut tertuang dalam polis asuransi yang dipegang oleh nasabah.

Perusahaan asuransi akan memberi penggantian uang kepada nasabah tertanggung karena kerugian, kehilangan, sakit atau kerusakan karena peristiwa tertentu. Kerugian yang ditanggung akan bergantung pada jenis asuransi yang dibeli oleh nasabah.

Asuransi di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang usaha perasuransian. Menurut hukum, pengertian asuransi adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih. Pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, menerima premi asuransi.

Jenis asuransi di Indonesia sendiri sangat beragam, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, asuransi pendidikan, perjalanan hingga properti. Dalam asuransi, risiko kerugian akan ditanggung perusahaan asuransi, dan imbalannya adalah premi dari nasabah.

Asuransi Terbaik di Indonesia: Jenis-jenis Asuransi

Jenis-jenis asuransi di Indonesia bermacam-macam. Pasalnya, sebagai negara berkembang, kebutuhan akan asuransi di sini memang tinggi. Contohnya, hampir semua orang yang punya mobil di Indonesia membeli asuransi mobil.

Selain itu, asuransi kesehatan juga banyak diminati. Di samping asuransi kesehatan yang diwajibkan pemerintah, BPJS Kesehatan, banyak juga yang memiliki asuransi pribadi. Perusahaan di Indonesia juga sebagian besar memberi asuransi kesehatan untuk karyawan.

Apa saja macam-macam asuransi di Indonesia?

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberi jaminan atau ganti rugi untuk berbagai risiko kesehatan si tertanggung. Perusahaan asuransi menawarkan produk asuransi kesehatan dengan berbagai manfaat, baik rawat inap maupun rawat jalan di rumah sakit.

Tak hanya pengobatan dan perawatan di rumah sakit, asuransi kesehatan kini juga menawarkan jaminan biaya melahirkan, baik normal ataupun caesar.

Di Indonesia, ada dua jenis asuransi kesehatan yakni asuransi kesehatan swasta dan pemerintah. Asuransi swasta contohnya asuransi kesehatan Prudential, Manulife, Sinarmas dan sebagainya. Asuransi kesehatan pemerintah adalah BPJS Kesehatan.

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang memberi ganti rugi kepada tertanggung akibat kematian. Pada asuransi ini, penanggung akan membayar premi asuransi jiwa secara berkala dalam jangka waktu yang ditentukan. Jika penanggung meninggal dunia, dana asuransi jiwa akan cair.

Namun jika penanggung ingin mencairkan preminya sebelum meninggal, dia bisa melakukannya. Produk asuransi semacam ini disebut asuransi jiwa plus investasi.

  1. Asuransi Mobil

Asuransi mobil atau asuransi kendaraan memberikan perlindungan kepada mobil dari berbagai risiko. Perusahaan asuransi akan memberi kompensasi jika terjadi kerusakan, tabrakan, kecelakaan atau kehilangan mobil.

Asuransi mobil terbagi menjadi dua jenis: yakni Asuransi Kendaraan All Risk dan Total Loss Only (TLO).

  1. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan dibeli untuk melindungi diri Anda dari risiko selama melakukan perjalanan, baik domestik maupun internasional.

  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah jaminan biaya pendidikan bagi anak-anak, yang biasanya dibeli orang tua untuk biaya pendidikan anaknya. Orang tua membayar premi asuransi pendidikan secara rutin, untuk memastikan biaya anak mulai dari sekolah menengah hingga kuliah.

  1. Asuransi Properti

Asuransi properti dibeli untuk melindungi bangunan dari berbaga risiko seperti kerusakan, kebakaran, bencana alam dan kehilangan. Perusahaan asuransi akan mengganti biaya perbaikan dan perawatan jika terjadi kerugian.

Masing-masing jenis asuransi tersebut ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi yang bisa Anda pilih. Tentu saja, pastikan Anda hanya memilih produk asuransi terbaik di Indonesia. Ketahui produk semacam itu dengan cara membandingkannya saat membeli asuransi online.

Perbedaan Asuransi Konvensional dan Asuransi Syariah

Asuransi di Indonesia juga terbagi menjadi asuransi konvensional dan asuransi syariah. Asuransi konvensional mengikuti aturan bisnis asuransi yang biasa dipraktekkan, sedangkan asuransi syariah didasarkan pada syariat Islam. Tujuannya adalah produk asuransi yang halal.

Apa Itu Asuransi Syariah?

Asuransi syariah adalah asuransi yang bisnisnya didasarkan pada azas kerja sama dan tolong menolong. Konsep asuransi syariah atau sering disebut asuransi takaful adalah pihak penanggung sama-sama mengumpulkan dana tabarru (dana hibah) untuk membantu peserta asuransi lain yang memerlukan.

  1. Pengelolaan dana asuransi syariah bersikat transparan. Dananya sebanyak mungkin diperuntukkan untuk menguntungkan pemegang polis asuransi.
  2. Akad asuransi syariah adalah akad tabarru atau hibah, yang didasarkan para aturan syariat Islam.
  3. Dalam konsep asuransi syariah, dana asuransi adalah milik semua peserta asuransi (milik bersama) dan perusahaan asuransi hanyalah berperan sebagai pengelola.
  4. Dalam asuransi syariah, semua keuntungan yang didapat perusahaan asuransi akan dibagikan kepada seluruh peserta asuransi.
  5. Perusahaan penyedia asuransi syariah memastikan seluruh peserta asuransi membayar zakat yang besarnya ditentukan pendapatan perusahaan. Pendapatan tersebut adalah yang terkait dengan usaha yang menggunakan uang premi asuransi syariah dari nasabah.
  6. Bisnis asuransi syariah diawasi ketat oleh oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) yang dibentuk langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).
  7. Dalam asuransi syariah tak ada “dana hangus” (dana yang tidak diklaim karena sebab tertentu, misalnya nasabahnya meninggal dunia), seperti pada asuransi konvensional.

Apa Itu Asuransi Konvensional?

Cara kerja asuransi pada umumnya adalah menarik sebanyak mungkin nasabah yang membayar premi asuransi. Perusahaan asuransi lalu mengumpulkan sebanyak mungkin premi yang kemudian akan diolah dan menghasilkan pendapatan.

Hasil premi dan pendapatan tersebut menjadi modal untuk membayar klaim nasabah. Hasil dana tersebut juga jadi keuntungan perusahaan asuransi dalam konsep asuransi konvensional.

Selain itu, inilah perbedaan asuransi konvensional dengan asuransi syariah (seperti yang disebutkan di atas):

Sistem asuransi konvensional adalah transfer risiko. Beban risiko yang dimiliki nasabah akan dipindahkan kepada perusahaan asuransi, yang akan mengganti segala kerugian sesuai. Batasan dan sistem penggantian dicantumkan dalam polis asuransi.

Perusahaan asuransi menentukan besar premi asuransi dan biaya yang terkait lainnya untuk menghasilkan pendapatan. Dengan demikian, perusaahaan asuransi bebas menentukan skema yang menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya bagi perusahaan.

Akad dalam asuransi konvensional cenderung bersifat jual beli.

Premi asuransi konvensional yang dibayarkan nasabah menjadi milik perusahaan. Dengan demikian, perusahaan asuransi punya kewenangan penuh untuk mengelola dan mengalokasikan dana tersebut.

Seluruh keuntungan yang diperoleh dari pengolahan dana premi asuransi menjadi hak perusahaan asuransi sepenuhnya.

Dalam asuransi konvensional ada yang disebut “dana hangus.” Hal itu terjadi ketika dana asuransi tidak diklaim oleh pemegang polis hingga masa pertanggungan berakhir. Dalam asuransi syariah, dana tetap bisa diambil walau ada sedikit potongan dana tabarru.

Manfaat Asuransi: Semua yang Kita Perlu Tahu

Manfaat asuransi pada umumnya sangat banyak, khususnya jika kita ingin mengatur dan mempertahankan kesehatan finansial. Namun banyak orang masih menganggap membayar premi asuransi sebagai tambahan beban, walaupun keuntungan asuransi sudah jelas.

Fungsi dan manfaat asuransi yang jelas adalah menanggung risiko kerugian jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Misalnya, manfaat asuransi jiwa adalah uang pertanggungan yang dicairan untuk penerima manfaat saat tertanggung meninggal. Juga bisa dijadikan investasi.

Contoh lainnya adalah manfaat asuransi kesehatan, yang bisa dinikmati jika tertanggung mengalami sakit atau kecelakaan. Kita tak perlu pusing memikirkan biaya dokter atau rumah sakit. Itulah saatnya kita menikmati manfaat dan mengklaim premi yang selama ini dibayar.

Manfaat asuransi secara khusus mencakup perlindungan aset yang diasuransikan, yang bisa berupa barang atau diri kita sendiri. Ketentuan perlindungan akan tertera jelas dalam polis asuransi yang kita pegang.

Apa saja manfaat asuransi yang bisa didapatkan?

Membuat hidup lebih tenang. Tak ada yang pasti dalam hidup, termasuk kejadian yang menimpa dan kondisi keuangan kita. Dengan adanya asuransi, kita bisa tenang karena jika terjadi hal yang tak diinginkan, ada perusahaan asuransi yang menanggung kerugian dan biaya.

Bisa menjadi sarana investasi. Jika ingin berinvestasi namun bingung memilih jenis investasi, Anda bisa memilih asuransi plus investasi. Selain manfaat jaminan asuransi, Anda akan memperoleh keuntungan investasi di masa depan, walau tak melakukan klaim asuransi.

Meminimalisir biaya akibat kerugian. Kejadian-kejadian tak diinginkan selalu terjadi dalam hidup, dan ada berbagai biaya yang mengikutinya. Dengan adanya jaminan asuransi yang menanggung biaya akibat kerugian tersebut, hidup akan jadi lebih mudah.

Mengapa kita perlu asuransi?

Berikut adalah berbagai alasan mengapa kita perlu mempunyai polis asuransi:

  1. Asuransi memberi rasa aman, khususnya secara finansial.
  2. Jika tak mau asuransi konvensional, Anda bisa mendapat manfaat asuransi syariah dan merasa lebih tentram.
  3. Asuransi akan ‘memindahkan risiko’ yang bisa menyebabkan kita harus mengeluarkan biaya besar. Risiko tersebut pindah kepada perusahaan asuransi.
  4. Asuransi bisa berfungsi sebagai investasi dan tetap menguntungkan, bahkan jika kita tak pernah mengajukan klaim asuransi.
  5. Asuransi bisa memberi kepastian pembayaran hutang jika kita meninggal.
  6. Asuransi bisa memberi jaminan perlindungan untuk aset dan diri kita, juga anggota keluarga kita.
  7. Asuransi memberi perlindungan dan ganti rugi untuk kemalangan yang terjadi, seperti sakit, kecelakaan, kerusakan, kehilangan, kebakaran, banjir, bencana alam dan sebagainya.
  8. Jika Anda memiliki bisnis, asuransi akan melindungi bisnis Anda dan mencegah keluarnya biaya dan menderita kerugian.
  9. Manfaat asuransi bagi tertanggung, memberi perlindungan dan ganti rugi atas tuntutan hukum.
  10. Manfaat asuransi kesehatan, misalnya, menanggung biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit jika dibutuhkan.
  11. Adanya perlindungan dan dana ganti rugi bagi keluarga setelah kematian pemegang polis asuransi.

Cara Membeli Asuransi

Membeli asuransi bisa melalui berbagai cara, tergantung jenis asuransi-nya. Tapi zaman sekarang ini, pada umumnya kita bisa membeli asuransi online untuk macam-macam jenis perlindungan.

Untuk membeli asuransi, cara konvensional adalah mencari agen asuransi atau mendatangi kantornya. Namun saat ini sudah banyak asuransi yang bisa dibeli secara online. Membeli asuransi online lebih praktis, dan memudahkan kita untuk memilih.

Misalnya, jika kita membeli asuransi kesehatan online, kita bisa membandingkan satu produk dengan produk lainnya. Selain itu, kita juga bisa dengan mudah mengisi aplikasi asuransi online, dan mengunggah dokumen secara online.

Membeli asuransi

Beberapa keuntungan beli asuransi online

  1. Semua proses dilakukan secara online ketika membeli asuransi. Mulai dari pengisian formulir aplikasi, tansaksi, proses aplikasi, hingga informasi status asuransi bisa diakses kapan saja di mana saja.
  2. Harga polis asuransi yang dibeli secara online lebih murah. Tak ada biaya distribusi dan infrastruktur, jadi pemegang polis bisa mendapatkan premi asuransi lebih rendah. Ini salah satu keuntungan beli asuransi online yang banyak dicari.
  3. Banyak produk asuransi tersedia online. Ini memudahkan kita membandingkan sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.
  4. Mendapatkan akses kepada ulasan produk asuransi oleh para nasabah yang lebih dulu membeli. Ulasan ini perlu kita perhatikan untuk menemukan produk asuransi yang paling sesuai kebutuhan.

Demikian ulasan mengenai apa itu asuransi, dan jenis-jenis asuransi yang bisa memberi jaminan atas aset dan diri kita. Semoga artikel ini bisa membantu memberi pandangan tentang asuransi terbaik di Indonesia, membantu menemukan asuransi yang sesuai kebutuhan.