Kredit Mobil Baru
Kredit Mobil Baru

Rating 0/5 - 0 Votes

Kredit Mobil Baru

Lihat penuh
DP
Murah
Promo DP murah Kredit Mobil Baru ajukan di sini
Dapatkan Kredit Mobil baru DP murah, tersedia berbagai merek Mobil seperti Toyota, Honda, Daihatsu, Datsun, Mitsubishi, Suzuki, Nissan dan Mazda
Lihat penuh
Daftar Harga
Mobil
Daftar harga Kredit Mobil termurah, check harga sekarang juga
Kredit Mobil terbaik, proses Mudah, DP ringan check juga harga mobil tebaru di sini
Lihat penuh
Cicilan
Murah
Kredit Mobil Baru Cicilan murah untuk Mobil terbaik 2018
Ajukan sekarang Kredit Mobil Baru, tersedia untuk kredit Mobil Toyota Avanza, Daihatsu Sigra, Honda Brio, Toyota Calya, Honda Mobilio dan tersedia untuk Mobil lainnya
Lihat penuh
Kredit Mobil
Baru
Kredit Mobil Baru ter murah Se Indonesia proses mudah
Dapatkan penawaran termurah untuk Kredit Mobil Baru, Angsuran ringan, Tenor panjang, DP murah check selengkapnya di halaman page ini
Lihat penuh
Promo tidak ditemukan

Kredit Mobil Baru Cicilan Ringan Terbaik di Indonesia

Apa itu kredit mobil baru? Kredit mobil adalah layanan pinjaman kepemilikan kendaraan, yang termasuk dalam kategori kredit kendaraan bermotor (KKB). Kredit mobil adalah salah satu cara membeli kendaraan, baru atau bekas, melalui pembiayaan.

Sedangkan kredit mobil baru adalah alternatif pembiayaan untuk membeli mobil baru dengan sistem cicilan atau angsuran. Sistem cicilan mobil baru ini banyak digunakan orang, karena saat ini kebutuhan akan mobil pribadi kian meningkat.

Perjanjian dalam pembiayaan kendaraan bermotor, seperti angsuran mobil ini, melibatkan dua pihak. Pihak pertama adalah pemberi pinjaman (kreditur), biasanya bank atau perusahaan jasa finansial. Pihak kedua adalah penerima pinjaman kredit mobil (debitur).

kredit mobil baru

Dalam jual beli mobil, kreditur akan melunasi pembayaran pembelian mobil debitur ke showroom, lalu debitur membayar mobil baru itu dengan cara mencicil. Kreditur akan memperoleh keuntungan dari pinjaman pembelian mobil tersebut berupa bunga.

Debitur akan membayar pinjaman dengan cara angsuran atau cicilan bulanan, sama dengan cicilan lainnya, seperti kredit motor atau KTA.

Orang banyak mencari kredit mobil baru dengan DP murah, dan sebagai gantinya membayar cicilan mobil dengan nilai lebih tinggi. Lebih banyak lagi orang mencari kredit mobil baru dp murah cicilan ringan, biasanya mobnas atau mobil baru murah yang populer.

Perlu diingat, jika membeli mobil dengan kredit, maka harga total mobil akan lebih mahal dibandingkan membeli tunai. Hal itu karena adanya pertambahan nilai dan bunga kredit mobil baru. Anda bisa melunasi cicilan mobil baru dalam jangka waktu tertentu, biasanya 5 tahun.

Sebelum mengajukan kredit mobil baru, ada baiknya mencari informasi dan melakukan simulasi kredit mobil. Misalnya, Anda ingin mengajukan kredit mobil Toyota. Simulasikan kredit tersebut agar tahu berapa DP-nya, dan berapa angsuran yang harus dibayar perbulan.

Kerugian dan Keuntungan Kredit Mobil Baru

Bagi sebagian orang, memiliki mobil bukan lagi sekedar impian. Kini kita bisa dengan cukup mudah membeli dengan mengajukan kredit mobil cicilan ringan. Tapi ketika membeli mobil, yang dicari bukan hanya kredit mobil murah atau cicilan mobil murah.

Perhatikan juga untung-ruginya membeli mobil baru dengan cara kredit. Selain itu, pikirkan juga ke mana kita akan mengajukan kredit kendaraan bermotor. Apakah ke bank, atau ke leasing. Tentu Anda ingin cari pinjaman bank dan leasing paling murah untuk kredit mobil.

Untuk memenuhi kebutuhan akan kendaraan, jika dana jadi masalah, mengajukan cicilan kendaraan bisa jadi solusi. Membeli mobil baru secara tunai tentu enak jika dananya sudah cukup. Tapi kerugian membeli mobil secara cash adalah kebutuhan lain mungkin terbengkalai.

Lalu apa saja keuntungan mengkredit mobil baru? Beberapa di antaranya:

  1. Suku bunga kredit mobil
  2. Proses cepat dan mudah, apalagi jika mengajukan kredit mobil baru secara online.
  3. Jangka waktu pelunasan kredit (tenor) hingga 5 tahun.
  4. Sistem pembayaran angsuran mobil ringan dan mudah.
  5. Meskipun masih dicicil, mobil sudah bisa Anda gunakan.
  6. Adanya jaminan asuransi kredit mobil dari perusahaan asuransi.
  7. Rencana keuangan lancar, pembayaran cicilan kendaraan bisa direncanakan dan disesuaikan dengan anggaran bulanan.
  8. Banyaknya tawaran diskon dan promo cicilan mobil, entah kredit mobil dp ringan atau kredit mobil cicilan ringan.

Adapun kerugian membeli mobil secara kredit adalah harga mobil yang menjadi lebih mahal dibandingkan harga beli tunai. Promo dan diskon kredit mobil baru biasanya lebih banyak ditawarkan oleh leasing atau showroom, tapi tidak untuk pembelian tunai.

Kredit Mobil Baru, Lebih Baik Leasing atau Bank?

Leasing bisa menjadi sarana beli mobil kredit, atau pinjaman bank juga bisa jadi alternatif. Memang, saat ini jarang orang membeli mobil secara tunai, dan lebih memilih mengajukan cicilan kendaraan. Karena itulah, kredit mobil cicilan ringan banyak dicari orang.

Untuk memenuhi besarnya permintaan tersebut, maka perusahaan yang menawarkan pembiayaan kredit mobil baru semakin banyak. Mulai dari bank hingga leasing, Anda bisa pilih jenis lembaga mana untuk mengajukan angsuran mobil.

Lalu lembaga mana harus Anda pilih agar bisa memperoleh kredit mobil terbaik dan paling menguntungkan? Mana yang memberi kredit mobil murah dengan DP ringan?

Untuk mengetahui penawaran kredit mobil terbaik, Anda perlu membandingkan kelebihan serta kekurangan kredit mobil baru melalui leasing atau bank.

Persamaan angsuran mobil melalui bank atau leasing adalah, keduanya sama-sama mengharuskan DP sebesar 30% dari harga mobil. Ketentuan ini memang sudah diatur oleh Bank Indonesia dalam Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP. Perbedaannya adalah:

Keuntungan dan Kerugian Kredit Mobil Baru Melalui Bank

  1. Apakah Anda mengambil kredit mobil baru atau kredit mobil bekas, bank menawarkan suku bunga kredit yang lebih rendah. Suku bunga kredit mobil di leasing lebih tinggi daripada di bank. Otomatis biaya kredit mobil murah jika mengajukan di bank.
  2. Kekurangan angsuran mobil baru melalui bank, prosesnya lebih lama dan rumit. Tidak semudah proses pengajuan angsuran mobil baru di leasing. Begitu juga dengan mobil bekas, di bank lebih lama prosesnya.
  3. Kredit mobil di bank butuh semua dokumen sebagai syarat pengajuan pinjaman. Kelengkapan dokumen termasuk slip gaji, surat keterangan domisili, akta kelahiran, kartu keluarga, dan sebagainya.
  4. Proses pengajuan kredit agak panjang karena bank seringkali melakukan survei mendalam terhadap calon nasabah. Saat wawancara, mereka mengajukan pertanyaan, dan mungkin akan meneliti berkas-berkas tagihan bulanan seperti bukti tagihan listrik, air, hingga kartu kredit.

Kerugian dan Keuntungan Kredit Mobil Baru Melalui Leasing

Kredit mobil melalui leasing biasanya prosesnya lebih cepat dan mudah. Biasanya calon debitur yang mengajukan cicilan kendaraan akan diperlakukan istimewa. Staf penjualan di leasing umumnya tak ragu membantu Anda dalam proses pengajuan kredit mobil.

Keuntungan cicilan mobil baru melalui leasing, selain itu, juga adanya bantuan dari staf leasing dalam pengurusan dokumen. Jadi syarat dan kelengkapan dokumen akan dibantu, dan mereka biasanya mau mengambil dokumennya ke rumah Anda.

Kerugian mengajukan angsuran mobil di leasing, suku bunganya lebih tinggi daripada di bank. Biaya lain saat mengambil kredit mobil baru di leasing adalah biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi.

Kredit mobil baru di leasing dilengkapi asuransi kredit mobil, yang jenisnya ada dua. Asuransi all risk dan asuransi TLO (total loss only).

asuransi kredit mobil

Tips pengajuan kredit mobil baru agar disetujui

Agar permohonan angsuran disetujui, ikuti tips kredit mobil baru berikut ini:

  1. Hubungi dealer mobil terdekat, atau hubungi koneksi yang bekerja di dealer. Jika sudah kenal dengan stafnya, Anda bisa tanya promo-promo kredit mobil di leasing atau dealer. Selain kesempatan dapat diskon, Anda juga akan dibantu selama proses pengajuan kredit mobil.
  2. Pilih mobil dengan harga sesuai kemampuan Anda. Selain itu, sesuaikan model dan tipenya dengan kebutuhan. Kredit mobil baru Anda akan lebih mudai disetujui jika harga dan cicilannya terlihat realistis untuk kemampuan keuangan Anda. Jadi jangan dipaksakan.
  3. Selain mencari leasing paling murah untuk kredit mobil, cari juga perusahaan leasing mobil terpercaya. Biasanya mereka memberi banyak penawaran, diskon dan promo kredit mobil baru. Pastikan perusahaannya cukup bonafid.
  4. Carilah perusahaan leasing mobil yang memberikan dp kredit mobil ringan, bersaing, bunganya rendah. Pilih juga kredit yang jangka waktunya cukup fleksibel. Bandingkan perusahaan leasing dengan para kompetitornya.
  5. Buat rekening pribadi yang sehat, dengan aliran dana masuk dan keluar yang berimbang. Agar pengajuan kredit mobil baru disetujui dengan lebih mudah, rekening Anda harus surplus aktif. Surplus aktif artinya walau pemasukan tak sangat besar, tapi terlihat berkembang.
  6. Carilah alternatif pinjaman lain, seperti peer-to-peer auto loan (P2P). Selain pinjaman kredit mobil di bank atau leasing, peer-to-peer bisa jadi alternatif. Tapi selalu waspada agar tak kena jebakan rentenir.
  7. Cara lainnya adalah mencari wali kredit (co-signer). Jika riwayat kredit Anda tak selalu mulus, Anda bisa mencari wali yang mau menanggung kewajiban kredit mobil baru Nama dan riwayat kredit wali tersebut akan dicatat untuk menanggung jika Anda gagal membayar.

Bagaimana Proses Pengajuan Kredit Mobil Baru?

Bagaimana proses pengajuan kredit mobil baru? Ketika akan mengajukan kredit mobil, tentu Anda harus tahu caranya dan bagaimana proses pengajuannya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih mobil yang diinginkan

Pilihlah mobil yang merek, tipe/harganya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Lakukan simulasi kredit mobil baru, ketika Anda mengajukan kredit mobil. Cek daftar harga kredit mobil secara berkala, karena harganya bisa berubah dan kadang ada promo.

  1. Datangi dealer mobil

Sebaiknya Anda mendatangi dealer ketika ingin beli mobil baru, khususnya jika ingin mengajukan kredit mobil. Konsultasikan rencana pengajuan kredit mobil baru Anda, tanyakan syarat kredit mobil baru, untuk menemukan mobil yang paling sesuai.

Konsultasikan juga anggaran Anda. Misalnya Anda ingin angsuran dengan DP mobil murah, atau ingin mobil tertentu. Mungkin ada yang spesifik, misalnya Anda ingin kredit mobil dp 10 juta cicilan 2 juta. Keuntungan kredit mobil adalah Anda bisa sesuaikan dengan keuangan.

Jangan lupa pilih dealer yang tepat untuk merk mobil yang Anda inginkan. Misalkan Anda ingin kredit mobil Honda, datangi dealer Honda. Kalau ingin kredit mobil Toyota Avanza, datangi dealer Toyota. Begitu juga yang lain seperti kredit mobil Suzuki, Mitsubishi, Daihatsu, dst.

  1. Mengajukan permohonan kredit mobil

Jika sudah mantap, syarat pengajuan kredit mobil baru terpenuhi, selanjutnya adalah mengajukan permohonan kredit mobil kepada leasing atau bank. Lengkapi semua persyaratan dokumen kredit, lalu pihak pembiayaan akan memproses permohonan Anda.

Selanjutnya, pihak leasing/bank akan melakukan verifikasi dan survei, sekitar 3-5 hari kerja. Jika pengajuan kredit mobil disetujui, pihak pembiayaan akan menghubungi dealer. Mereka lalu membayar uang muka mobil Anda, dan dealer mempersiapkan pengiriman.

  1. Pengiriman mobil

Saat semua syarat cicilan mobil dan tetek-bengek administrasi rampung, maka dealer akan segera mengirim mobil baru Anda ke alamat yang disetujui. Biasanya proses pengiriman mobil ini butuh 3-4 hari kerja. Kelengkapan surat STNK umumnya dikirim minimal 14 hari kerja.

cicilan mobil

Apa saja syarat pengajuan kredit mobil baru?

Untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor, dalam hal ini kredit mobil baru, beberapa syaratnya adalah:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Indonesia.
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun (saat kredit lunas).
  • Punya pekerjaan dan penghasilan tetap per bulan (setiap wilayah/daerah punya kebijakan masing-masing).

Dokumen apa saja yang diperlukan untuk pengajuan kredit mobil baru?

Karyawan:

  • Fotokopi KTP/KITAS.
  • Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT).

Pengusaha:

  • Fotokopi KTP/KITAS.
  • Fotokopi Rekening Tabungan (3 bulan terakhir).
  • Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP.

Profesional:

  • Fotokopi KTP/KITAS.
  • Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT).
  • Fotokopi Surat Izin Profesi.

Berapa minimal uang muka (DP) yang perlu disiapkan untuk mengajukan kredit mobil baru?

Aturan DP mobil baru dari Bank Indonesia tercantum dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.17/10/PBI/2015 mengenai rasio LTV (Loan to Value).  Untuk pembiayaan kendaraan bermotor, uang muka minimal adalah 20% hingga 25% dari harga mobil.

Namun DP kredit mobil baru yang sebesar 20-25% itu belum termasuk biaya administasi, asuransi mobil dan bunga kredit. Jadi Anda perlu mempersiapkan setidaknya dana sebesar 30% dari harga mobil yang diincar.

Ketika Kredit Mobil Disetujui, Biaya Apa Saja yang Harus Dibayar Selain DP Mobil?

Dalam proses pengajuan pembiayaan kendaraan bermotor melalui leasing/bank, uang muka atau DP mobil biasanya sudah termasuk biaya administrasi, bunga, dan biaya pengurusan dokumen, sehingga tak ada biaya lain yang ditagihkan saat pertama kali membayar.

Kapan Plat Nomor Kendaraan dan STNK Mobil Diterima Setelah Mobil Diantar?

Pihak dealer biasanya akan mengirim plat nomor kendaraan Anda berikut STNK maksimal 14 hari kerja setelah mobil diantar. Waktu pengiriman tergantung wilayah, dan Anda bisa mengambilnya di kantor dealer atau minta dikirimkan.

Jenis Asuransi Kendaraan Apa yang Didapat dengan Melakukan Kredit Mobil?

Keuntungan membeli mobil dengan kredit adalah Anda bisa memilih asuransi mobil sebagai jaminan perlindungan. Jenis asuransi mobil yang bisa dipilih adalah:

  1. Asuransi Mobil All-Risk / Comprehensive: Perusahaan asuransi akan membayar ganti rugi untuk segala jenis kerusakan dan kehilangan. Lecet dan penyok-pun biaya perbaikannya bisa ditanggung asuransi.
  2. Asuransi TLO / Total Loss Only: Perusahaan asuransi hanya akan membayar ganti rugi jika terjadi “kehilangan total” yakni kendaraan sama sekali tak bisa dipakai. Biasanya kerusakan minimal 75% baru bisa ditanggung asuransi TLO, atau kehilangan karena kecurian.

Bisakah mengajukan pembiayaan atau kredit mobil baru secara online?

Tentu saja bisa. Pengajuan kredit mobil online akan membuat prosesnya jauh lebih praktis dan mudah untuk Anda. Selain itu, Anda bisa membandingkan penawaran kredit mobil, atau berkesempatan menikmati diskon dan promo kredit mobil.

Dengan mengajukan kredit mobil baru online, Anda tak perlu mendatangi dealer yang spesifik. Berbagai merk dan tipe mobil bisa dibeli secara online, dengan bantuan simulasi kredit mobil untuk mengetahui besar dp mobil dan cicilannya.

Itulah seluk beluk kredit mobil baru yang perlu Anda tahu. Dengan demikian, Anda pun sudah tahu bagaimana cara mengajukan kredit mobil baru, dan apa saja yang diperlukan. Jika Anda menginginkan kredit mobil baru cicilan ringan terbaik di Indonesia, bisa coba ajukan online.