Kredit Multiguna (KMG) Terbaik di Indonesia
Kredit Multiguna

Rating 0/5 - 0 Votes

Kredit Multiguna (KMG) Terbaik di Indonesia

Lihat penuh
Gadai BPKB
Mobil
Gadai BPKB Mobil - Bunga Rendah - Proses Cepat 1 hari cair
Dana pinjaman yang didapat sampai dengan 80% nilai kendaraan yang dijaminkan (umur mobil max 15 tahun, motor max 9 tahun), Tenor Kredit Tenor Kredit 12 - 36 bulan
Lihat penuh
Gadai BPKB
Motor
Dapatkan Pinjaman Jaminan BPKB Motor - Bunga Rendah - Plafon Kredit 80%
Dana pinjaman yang didapat sampai dengan 80% nilai kendaraan yang dijaminkan (umur mobil max 15 tahun dan motor max 9 tahun).
Lihat penuh
Gadai
BPKB
Ajukan Pinjaman Jaminan BPKB Motor dan Mobil, proses cepat 1 hari cair
Proses Online Cepat 1 Hari Cair, Plafon sampai Rp.500 juta, Syarat Mudah & Simpel, Bunga Rendah Cicilan Ringan,Tepercaya dan Terjamin, Melayani Seluruh Indonesia
Lihat penuh
Promo tidak ditemukan

Kredit Multiguna di Indonesia

Kredit multiguna (KMG) adalah produk yang ditawarkan bank kepada nasabah berupa pinjaman dana, yang harus menyertakan jaminan. Pinjaman uang jenis ini juga dikenal dengan kredit dengan agunan.

Karena kredit multiguna disertai dengan jaminan, jumlah limit pinjaman uang bisa disesuaikan dengan harga taksiran barang yang diagunkan. Berbeda dengan pinjaman uang tanpa jaminan, biasanya bank menyesuaikan besar pinjaman dengan gaji/limit kartu kredit.

Bedanya kredit multiguna dengan pinjaman uang online, pinjaman cepat cair atau kredit tanpa agunan (KTA) adalah pada jumlah dana yang dipinjamkan. Besarnya pinjaman kredit multiguna umumnya lebih besar, ditentukan oleh nilai aset yang kita jaminkan.

Ada banyak bank dan lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman dengan agunan. Beberapa yang terpercaya adalah kredit multiguna BCA dan BRI. Selain itu, yang juga terpercaya adalah kredit multiguna BNI, Bank Mandiri dan Bank Jatim.

Selain pembiayaan multiguna konvensional, kini beberapa bank juga menawarkan kredit multiguna syariah. Bedanya dengan KMG konvensional, KMG syariah memakai akad murabahah dan ijarah. Jenis pembiayaan syariah ini biasanya menawarkan angsuran tetap.

Ada banyak bank yang menawarkan pembiayaan multiguna syariah. Beberapa di antaranya adalah Bank Muamalat, BNI Syariah, BPRS Al-Salaam, Bank Mega Syariah, Bank BSB, BRI Syariah, Bank OCBS NISP Syariah, Bank Victoria Syariah dan sebagainya.

Seperti yang disinggung di atas, kredit multiguna syariah maupun konvensional tentu membutuhkan jaminan sebagai syarat pinjaman. Barang atau aset yang diagunkan untuk memperoleh pinjaman uang bisa bermacam-macam.

Jaminan kredit multiguna bisa berupa rumah atau properti, tanah, dan sebagainya. Jika yang dijaminkan adalah sertifikat rumah, maka namanya jadi kredit multiguna properti. Semakin besar nilai aset yang dijaminkan, pinjaman uang yang didapat semakin besar.

kredit multiguna

Jenis kredit multiguna (KMG) berdasarkan jaminannya

Jenis jaminan yang bisa diajukan untuk mengajukan pembiayaan multiguna bisa bermacam-macam. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Properti

Kredit multiguna properti juga dikenal dengan sebutan gadai sertifikat rumah. Namun properti yang bisa diagunkan bisa juga tanah dan bangunan lainnya. Kita bisa menyerahkan sertifikat tanah, rumah, gudang, ruko atau gedung sebagai jaminan pinjaman.

Plafon kredit multiguna properti rata-rata sebesar Rp100 juta hingga di atas Rp2 miliar, dengan tenor yang variatif, 2- 10 tahun.

  1. Mobil dan kendaraan lain

Jaminan kredit multiguna juga bisa berupa mobil, atau dikenal dengan Gadai BPKB Mobil atau Gadai BPKB Motor. Biasanya kendaraan yang diagunkan berupa mobil, truk, dan motor.

  1. Pesawat terbang dan kapal

Kredit multiguna yang menjadikan kapal dan pesawat terbang sebagai jaminan biasanya tak dilakukan orang pribadi tapi oleh perusahaan.

Kapal dan pesawat terbang yang bisa dijadikan agunan kredit adalah yang memiliki minimal volume bruto 20 meter kubik. Selain itu, juga harus memiliki bobot bruto maksimal 20 meter kubik.

  1. Logam mulia, emas dan berlian

Jenis agunan kredit yang sering digunakan di Indonesia adalah logam mulia, emas dan berlian. Kredit multiguna logam mulia biasa dikenal dengan gadai logam mulia, atau gadai emas.

Pegadaian merupakan jasa keuangan yang melayani pinjaman uang pribadi dengan menggadaikan logam mulia dan perhiasan emas.

  1. Ternak dan hasil bumi

Para petani dan peternak bisa mengajukan pembiayaan multiguna dengan agunan hewan ternak atau hasil bumi. Untuk jaminan berupa produk perkebunan, biasanya bank menerima hasil bumi berupa biji kopi berkualitas tinggi.

Agunan berupa ternak biasanya sapi betina yang masih produktif. Peternak yang mengajukan kredit multiguna jaminan sapi biasanya mencari pinjaman Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS).

  1. Surat keterangan (SK) Kepegawaian

Beberapa bank menyediakan produk KPG yang menerima SK Kepegawaian sebagai agunan. Besarnya pinjaman umumnya antara Rp 5 juta hingga Rp 100 juta.

Aplikasi kredit multiguna: apa yang harus dipersiapkan?

Untuk mengajukan aplikasi kredit multiguna, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan:

  1. Warga negara Indonesia (WNI), usia minimum di atas 21 tahun.
  2. Usia maksimum di bawah 55-60 tahun pada saat pelunasan pinjaman.
  3. Pendapatan rutin bulanan sesuai dengan produk kredit multiguna yang dipilih. (misal: pinjaman uang jaminan rumah, dll)

Dokumen apa saja yang jadi syarat pengajuan kredit multiguna?

Karyawan:

  1. Formulir aplikasi pinjaman KMG (kredit multiguna).
  2. Fotokopi KTP/KITAS, plus fotokopi KTP pasangan jika sudah menikah.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  4. Fotokopi NPWP (untuk istri, bisa memakai NPWP suami).
  5. Slip gaji/bukti penghasilan (SKP/SPT).
  6. Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir.
  7. Fotokopi Rekening Listrik enam Bulan Terakhir atau PBB dua tahun terakhir.
  8. Fotokopi Akta Nikah (Buku Nikah)/Akta Cerai/Akta Kematian (jika pasangan sudah pisah/meninggal dunia).

Pengusaha:

  1. Formulir aplikasi pinjaman KMG (kredit multiguna).
  2. Fotokopi KTP/KITAS, plus fotokopi KTP pasangan jika sudah menikah.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  4. Fotokopi NPWP.
  5. Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir.
  6. Fotokopi Rekening Listrik enam Bulan Terakhir atau PBB dua tahun terakhir.
  7. Fotokopi Akta Nikah (Buku Nikah) / Akta Cerai / Akta Kematian (jika pasangan sudah pisah/meninggal dunia).
  8. Fotokopi Rekap Penghasilan (bon / salinan piutang / catatan penjualan tiga bulan terakhir).
  9. Fotokopi akta pendirian / SIUP / TDP.
  10. Foto tempat usaha.

Profesional:

  1. Formulir aplikasi.
  2. Fotokopi KTP/KITAS, fotokopi KTP pasangan jika sudah menikah.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  4. Fotokopi NPWP.
  5. Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir.
  6. Fotokopi Rekening Listrik enam Bulan Terakhir atau PBB dua tahun terakhir.
  7. Fotokopi Akta Nikah (Buku Nikah) / Akta Cerai / Akta Kematian (jika pasangan sudah pisah/meninggal dunia).
  8. Slip gaji/bukti penghasilan (SKP/SPT).
  9. Foto tempat praktek.
  10. Fotokopi Surat Izin Profesi.

Pengajuan kredit multiguna

Sebelum mengajukan kredit multiguna (KMG), kita harus mengetahui bank dan perusahaan jasa keuangan yang terpercaya. Ada baiknya menghitung simulasi kredit multiguna sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman dengan nominal tertentu.

Pengajuan kredit multiguna

Beberapa produk kredit multiguna terbaik di Indonesia di antaranya: kredit multiguna BRI, Bank Mandiri dan BCA. Selain itu, kita juga bisa memilih kredit multiguna BTN, Bank Jatim, BNI atau Home Credit.

Sebelum mengajukan, ketahui juga beberapa jenis kredit multiguna di Indonesia tahun 2018 ini, seperti KMG jaminan mobil atau motor, KMG jaminan sertifikat rumah atau tanah, KMG jaminan gedung, KMG jaminan deposito, dan masih banyak lagi.

Pastikan ketika akan mengajukan pinjaman uang dengan agunan, Anda sudah tahu peruntukan dananya. Sebaiknya buatlah perhitungan atau alokasi dana, seandainya nantinya permohonan KMG Anda disetujui oleh bank. Selain itu, hal ini juga akan menentukan pilihan.

Memang, perbedaan KTA dengan KMG adalah, kita bisa menyesuaikan peruntukan dana dengan jenis kreditnya.

Sebagai contoh, jika dana pinjaman ingin dipakai membeli atau rumah, maka rumah tersebut bisa dijadikan jaminan. Selain itu, dana kredit multiguna juga bisa dipakai untuk banyak keperluan, di antaranya:

  • Biaya merenovasi rumah.
  • Biaya pendidikan anak, atau pendidikan sendiri.
  • Biaya pernikahan.
  • Modal usaha.
  • Membeli barang mewah.
  • Biaya pengobatan.
  • Biaya persalinan, dan sebagainya.

Tentang Kredit Multiguna (KMG): FAQ

Apa itu kredit multiguna?

Kredit multiguna adalah jenis pinjama yang diberikan bank kepada perorangan atau perusahaan dengan jaminan aset tertentu. Besar pinjaman uang ditentukan oleh nilai aset yang diagunkan, misalnya rumah, tanah, atau berlian.

Pembayaran atau pelunasan KMG dilakukan dengan cara mencicil setiap bulan. Jadi setiap bulan, peminjam membayar kepada bank hingga tenor (jangka waktu/masa angsuran kredit) tercapai.

Biaya apa saja yang terkait dengan kredit multiguna?

Selain mengetahui jenis kredit dan persyaratan dokumennya, sebelum mengajukan pinjaman multiguna, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  1. Biaya provisi: alias biaya balas jasa untuk bank, dikenakan di awal perjanjian kredit dengan bank.
  2. Biaya di muka: biaya yang harus dibayarkan di muka di luar cicilan, sekitar 1,5-5% dari total pinjaman.
  3. Biaya bunga KMG: besarnya bunga yang ditetapkan pihak bank untuk pinjaman multiguna.
  4. Penalti: biaya yang dibebankan kepada nasabah jika mempercepat pembayaran kredit multiguna sebelum tenornya. Besarnya sekitar 5-6% dari sisa pinjaman Anda.
  5. Biaya materai: biaya yang diminta bank untuk keperluan materai pada dokumen hutang piutang.
  6. Biaya asuransi: KMG biasanya disertai asuransi jiwa untuk melindungi nasabah dan mencegah terhalangnya kelancaran kredit akibat kecelakaan atau kematian. Asuransi ditentukan pihak bank.

Seperti apa kriteria kredit multiguna terbaik di Indonesia?

Jika ingin mengajukan pinjaman, pastikan hanya kredit multiguna terbaik yang Anda pilih. Berikut adalah kriterianya:

  • Bunga dan biaya-biaya ringan

Semakin rendah bunga dan makin ringan biaya yang menyertai pinjamannya, makin baik produk KMG. Jangan lupa untuk menyesuaikan besarnya cicilan dengan kemampuan bayar Anda tiap bulan.

  • Plafon pinjaman tinggi

Carilah pinjaman dengan agunan yang menawarkan plafon pinjaman tinggi. Dengan demikian, dana pinjaman tunai akan bisa lebih mudah dialokasikan.

  • Proses mudah dan pencairan dana cepat

Lakukan riset kecil-kecilan mengenai waktu pencairan dana pinjaman, mana yang lebih cepat. Dari situ, Anda juga bisa tahu atau proses pengajuan KMG suatu bank lebih mudah dibanding bank lain. Berbeda dengan pinjaman online cepat, KMG butuh proses lebih lama.

Waktu pencairan dana kredit multiguna bervariasi, antara satu hari, dua-tiga hari, hingga 5, 7 dan 14 hari. Lebih cepat, lebih baik; apalagi jika Anda butuh dana cepat.

  • Tenor panjang

Pilihlah bank yang memberikan tenor lebih panjang untuk pelunasan pinjaman dengan agunan. Makin panjang tenor KMG, makin rendah cicilan yang dibayarkan per bulan. Umumnya, tenor KMG berkisar antara 5-15 tahun.

  • Bebas penalti atau penalti rendah

Jika ingin melunasi dana pinjaman sebelum tenor habis, maka bank biasanya mengenakan penalti. Makin rendah penalti, makin baik produk KMG.  Selain penalti karena terlalu cepat melunasi, ada juga penalti karena terlambat bayar.

  • Bebas biaya lainnya

Ketika pinjam uang di bank, mungkin Anda kerap dibingungkan dengan ragam jenis biaya yang menyertainya. Pilihlah kredit bank yang tak terlaly banyak biaya tambahan.

Apa saja kekurangan dan kelebihan kredit multiguna?

Kekurangan:

  • Harus punya aset yang dijaminkan.
  • Jika gagal bayar tiap bulan, aset bisa disita.
  • Proses pengajuan pinjaman agak lama.

Kelebihan:

  • Limit pinjaman cukup besar dibanding KTA; bisa mencapai miliaran rupiah.
  • Pemakaian dana pinjaman fleksibel (multiguna).
  • Masa tenor lebih panjang dibandingkan KTA. Bisa mencapai 15 tahun.

Bagaimana cara mengajukan pinjaman uang dengan agunan?

Anda bisa datang ke bank dan menemui customer service di bank, lalu mengisi formulir pengajuan kredit dengan agunan. Jangan lupa cari tahu dan bawa kelengkapan dokumen yang diperlukan. Selain itu, bisa juga mengisi formulir pengajuan pinjaman online.

cara pengajuan kredit multiguna

Bagaimana perhitungan bunga dalam kredit multiguna?

Bank memiliki tiga skema hitungan bunga untuk pinjaman, termasuk kredit dengan agunan:

  1. Suku bunga flat: skema termudah. Tiap bulan besar bunga pinjamannya sama, sehingga besar cicilan kredit per bulan selalu sama (flat). Besarnya cicilan akan selalu sama dari awal hingga akhir masa pinjaman uang.
  2. Suku bunga efektif: disebut juga sliding rate, dan bunganya dihitung tiap akhir periode angsuran. Besarnya bunga tergantung nilai hutang yang belum dibayar. Skema ini membuat besaran cicilan berbeda-beda tiap bulan, dengan nilai bunga yang makin kecil.
  3. Suku bunga anuitas: modifikasi suku bunga efektif yang membuat angsuran kredit besarnya sama per bulan. Yang diubah hanyalah komposisi antara pembayaran pinjaman pokok dan besarnya bunga. Pembayaran pinjaman pokok membesar, bunga menurun tiap bulan.

Apa saja produk kredit multiguna terpercaya; dan bank mana saja yang menawarkan KMG?

  • Indosurya Multiguna
  • Danamon Kredit Multi Guna
  • BFI Kredit Multi Guna
  • CIMB NIAGA KPR X-Tra Cash
  • Mandiri KPR Multiguna
  • Commonwealth KPR Multiguna
  • Panin Kredit Multi Retail
  • Maybank Kredit Properti Multiguna
  • MPM Kredit Multi Guna
  • BTN Kredit Agunan Rumah
  • Kredit Plus Kredit Multi Guna
  • BCA KPR Refinancing
  • BTN Kredit Ringan Batara Non Payroll
  • Radana Finance KMG
  • BPR Kredit Mandiri Indonesia Multiguna
  • ClipanFinance Kredit MultiGuna Jaminan Properti
  • BCA KPR Refinancing Fix and Cap, dll.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kredit multiguna (KMG) terbaik di Indonesia 2018 ini. Pastikan juga dana pinjaman sudah dialokasikan dengan benar, dan sudah dihitung dengan benar supaya tak kesulitan membayar cicilan.