Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik di Indonesia
Kredit Tanpa Agunan

Rating 0/5 - 0 Votes

Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik di Indonesia

Lihat penuh

KTA
DBS
Ajukan KTA Online DBS Sekarang! Bunga rendah 0.95%, Proses Cepat
Keuntungan Dana Bantuan Sahabat Suku bunga 0.95% equivalent flat/bulan* untuk pinjaman Rp125,000,000 s/d Rp200,000,000 Suku Bunga 1.29% equivalent flat/bulan* untuk pinjaman Rp5,000,000 s/d 124,999,999 Pilihan jangka waktu cicilan : 12, 24 dan 36 bulan Pinjaman hingga Rp200 juta
Lihat penuh
KTA Standard
Charter
Ajukan Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered Online! Bunga rendah 0.98%, 3 Hari Cair
Keunggulan Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered KTA Online : Kesempatan untuk mendapatkan kredit secara online Cicilan bunga yang tetap dengan suku bunga yang kompetitif Proses aplikasi kredit dilakukan dalam 3 hari Metode pembayaran yang mudah melalui ATM & Teller
Lihat penuh
Promo tidak ditemukan

Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik

Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman tanpa agunan adalah pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit yang harus digunakan. Dengan demikian, jika mengajukan pinjaman tanpa agunan, nasabah tak dibebani dengan kewajiban menjadikan barang atau aset sebagai jaminan. Nasabah umumnya perlu memiliki kartu kredit untuk mendapatkan pinjaman tanpa agunan, atau dikenal dengan personal loan.

Ketika mengajukan pinjaman tanpa agunan, akan lebih baik jika nasabah sudah memiliki kartu kredit, atau bentuk kredit lain kepada bank. Pada dasarnya, bank mengambil keputusan pemberian kredit berdasarkan riwayat kredit pribadi. Riwayat kredit nasabah terbangun saat kita memiliki kartu kredit, KPR, kredit mobil/kredit motor.

Banyak bank saat ini menawarkan KTA (Kredit Tanpa Agunan) terbaik, dilihat dari sisi keuntungannya. KTA atau Kredit Tanpa Agunan terbaik adalah yang prosesnya cepat, menawarkan program bunga tetap (fixed rate), mudah, dan tanpa ribet.

Untuk memperoleh dana cepat, selain mengajukan pinjaman tanpa agunan, kita juga bisa mengajukan pinjaman koperasi tanpa jaminan. Namun hal ini hanya dimungkinkan jika kita sudah terdaftar sebagai anggota koperasi. Berbeda dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA), kita tinggal datang ke bank atau mengajukan pinjaman tanpa agunan online.

Kredit Tanpa Agunan

Ketika ingin mengajukan pinjaman tanpa agunan online atau langsung ke bank, kita tentu tahu berapa dana yang kita perlukan. Dalam produk kredit tanpa agunan, limit yang ditawarkan berbeda-beda, tergantung ketentuan bank. Limit kredit tanpa agunan (KTA) biasanya maksimal sekitar Rp200-300 juta, atau kurang.

Biasanya, limit pinjaman tanpa agunan besarnya tergantung penghasilan kita, karena mempertimbangkan kemampuan membayar. Semakin besar penghasilan, maka jumlah pinjaman KTA juga semakin besar. Selain penghasilan, limit kredit tanpa agunan juga melihat limit kartu kredit kita.

Besar pinjaman tanpa agunan yang diberikan oleh bank biasanya sekitar 4 atau 5 kali lipatnya limit kartu kredit kita. Bank juga biasanya akan menyetujui permohonan KTA jika jumlah cicilan kredit tanpa agunan per bulannya tak lebih dari 40-60% gaji.

Tentang Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Manfaat kredit tanpa agunan sangat banyak, khususnya jika kita sedang memerlukan uang kontan dalam jumlah besar. Di antara banyak manfaat kredit tanpa agunan, karena proses pencairannya cepat, pinjaman tanpa agunan bisa dijadikan dana darurat.

Selain itu, manfaat kredit tanpa agunan lainnya adalah misalnya untuk biaya liburan, renovasi rumah, atau pernikahan. Walaupun saat ini lebih mudah mendapatkan KTA ketika kita punya kartu kredit, namun mendapat pinjaman KTA tanpa kartu kredit juga masih mungkin.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Ketika mengajukan KTA alias personal loan, pastikan kita memilih Kredit Tanpa Agunan terbaik dari bank terpercaya. Beberapa yang bisa dipilih adalah pinjaman tanpa agunan BNI, BCA, Mandiri, CIMB Niaga, Citibank dan masih banyak lagi.

Selain itu, sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan, pastikan kita mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Berikut adalah kelebihan kredit tanpa agunan:

  1. Keunggulan kredit tanpa agunan adalah syaratnya lebih mudah daripada kredit multiguna.
  2. Waktu pencairan kredit tanpa agunan (KTA) lebih cepat, kurang lebih 3 hari kerja.
  3. Mudah didapatkan. Hampir setiap bank memiliki produk pinjaman tanpa agunan alias KTA.
  4. Syarat dokumen pengajuan KTA
  5. Bunga pinjaman tanpa agunan (KTA) flat sejak awal hingga akhir masa cicilan.
  6. Tak hanya bank, kini beberapa lembaga keuangan juga menawarkan produk KTA, sehingga makin mudah didapat.
  7. Pembayaran cicilan KTA mudah, bisa melalui ATM atau mobile banking/internet banking.

Selain beberapa kelebihan, kredit atau pinjaman tanpa agunan juga punya kekurangan. Berikut kekurangan kredit tanpa agunan yang perlu diketahui:

  1. Bunga KTA/personal loan relatif tinggi.
  2. Untuk mengajukan permohonan KTA, kita harus punya kartu kredit lebih dulu.
  3. Limit kecil, jadi masa tenornya pendek.
  4. Jika melunasi pinjaman tanpa agunan sebelum jatuh tempo, kita akan kena penalti sebesar 5%.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kredit tanpa agunan (KTA), yang juga dikenal dengan pinjaman tanpa agunan. Ketika ingin mengajukan permohonan KTA, kita harus menimbang masak-masak keuntungan dan kerugian tersebut.

Aplikasi Kredit Tanpa Agunan: Bagaimana Caranya dan Apa Saja Syaratnya?

Aplikasi kredit tanpa agunan merupakan proses yang cukup mudah, asalkan kita sudah memenuhi syarat pengajuan. Untuk mengajukan aplikasi pinjaman tanpa agunan, ada beberapa dokumen yang diperlukan. Beberapa syarat untuk mendapatkan KTA di antaranya:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili (memiliki alamat tempat tinggal) di Indonesia.
  2. Usia minimum 21 tahun dan maksimal 55 tahun.
  3. Memiliki pekerjaan atau penghasilan (gaji) tetap tiap bulannya, minimal gaji Rp2,5 juta yang dibuktikan dengan slip gaji.

Aplikasi Kredit Tanpa Agunan

Untuk mengajukan aplikasi kredit tanpa agunan (KTA), kita bisa datang langsung ke customer service di bank. Selain itu, pengajuan pinjaman KTA online tanpa agunan juga bisa dilakukan di website resmi bank atau lembaga keuangan.

Ketika mengajukan KTA, kita perlu membawa dokumen sebagai syarat administrasi pengajuan KTA.

Dokumen untuk pengajuan KTA adalah fotokopi KTP/e-KTP (bisa digantikan bukti rekam e-KTP kalau tidak ada), surat keterangan kerja dan slip gaji asli. Jika kita adalah profesional, kita bisa membawa izin praktek profesional. Jika kita pengusaha, silakan bawa laporan keuangan perusahaan sebagai syarat pinjaman tanpa agunan.

Jika memiliki kartu kredit, apalagi jika pembayaran selalu lancar, pengajuan kredit tanpa agunan lebih mudah disetujui. Alasannya, bank bisa dengan mudah melihat kemampuan keuangan dan riwayat kredit kita. Jika catatan kredit kita bagus, maka bank akan memprioritaskan untuk menyetujui aplikasi kredit tanpa agunan kita.

Tapi tenang saja, kalaupun tak punya, kita masih punya kans mendapatkan pinjaman KTA tanpa kartu kredit.

Untuk mengajukan aplikasi pinjaman tanpa agunan, ada baiknya kita mengajukan kepada lebih dari satu bank. Kita bisa mempertimbangkan pinjaman tanpa agunan BRI, pinjaman tanpa agunan BNI, kredit tanpa agunan BCA, atau produk KTA bank lain. Dengan demikian, kita memiliki opsi untuk mendapat personal loan atau kredit tanpa agunan bunga rendah.

Pinjaman Tanpa Agunan: Segala Hal yang Perlu Diketahui (FAQ)

Sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan (KTA), ada beberapa pertanyaan yang mungkin terlintas di benak kita tentang KTA. Berikut adalah FAQ pinjaman tanpa agunan berikut jawabannya:

Apa itu KTA (Kredit Tanpa Agunan)?

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah produk yang ditawarkan bank/lembaga keuangan berupa pinjaman atau kredit tanpa membebani nasabah dengan jaminan. Pinjaman tanpa agunan adalah cara mudah untuk mendapat dana tunai ketika dibutuhkan, tanpa harus menjaminkan aset/harta kita.

Dalam mempertimbangkan aplikasi pinjaman tanpa agunan, bank melihat riwayat kredit dari pemohon secara pribadi. Riwayat kredit dilihat dari misalnya dari kartu kredit atau cicilan mobil, motor, atau KPR. Kemampuan keuangan nasabah juga bisa dilihat dari gaji atau penghasilan lainnya.

Ada beberapa manfaat KTA (Kredit Tanpa Agunan), seperti membiayai kebutuhan konsumsi, biaya rumah sakit, renovasi rumah, travelling, dan banyak lagi. Bank mengandalkan kemampuan nasabah untuk membayar cicilan KTA sebagai pengganti jaminan.

Bank apa saja yang menawarkan produk KTA?

Beberapa bank yang menawarkan produk kredit atau pinjaman tanpa agunan di antaranya:

  1. KTA ANZ.
  2. KTA Bank Amar.
  3. KTA QNB.
  4. KTA Standard Chartered.
  5. KTA Danamon.
  6. KTA Bukopin.
  7. KTA Bank Mandiri.
  8. KTA BCA.
  9. KTA BNI.
  10. KTA BRI.
  11. KTA CIMB Niaga.
  12. KTA Bank BNP
  13. KTA Citibank.
  14. KTA Commonwealth.
  15. KTA DBS.
  16. KTA OCBC NISP.
  17. KTA HSBC.
  18. KTA CTBC Indonesia.
  19. KTA Hana Bank.
  20. KTA Maybank.
  21. KTA Panin Bank.

Apa saja jenis-jenis KTA?

Beberapa jenis kredit tanpa agunan terbaik yang ditawarkan bank adalah:

  1. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Tenor Panjang.
  2. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Tanpa Kartu Kredit.
  3. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Dana Cepat.
  4. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Payroll.
  5. Kredit Tanpa Agunan (KTA) Bisa Bayar Awal.

Apa saja yang bisa dibiayai dengan dana Kredit Tanpa Agunan?

Keuntungan besar dari KTA yang membuat produk ini diminati adalah, bank tak membutuhkan detail penggunaan dana pinjaman KTA dari nasabah. Artinya, dana pinjaman tanpa agunan yang kita dapat bisa digunakan untuk kebutuhan apapun. Hasil pencairan dari kredit tanpa agunan bisa digunakan untuk kebutuhan konsumtif:

  1. Biaya pendidikan kita atau anak kita.
  2. Biaya renovasi rumah.
  3. Biaya pernikahan.
  4. Biaya rumah sakit, pengobatan atau kesehatan lainnya.
  5. Biaya perjalanan dan liburan.
  6. Pelunasan atau penutupan kartu kredit.
  7. Sebagai modal usaha.
  8. Penebusan barang yang digadaikan.
  9. Membayar hutang pribadi, dan masih banyak lagi.

Apa saja syarat dokumen aplikasi KTA?

Untuk karyawan, dokumen yang perlu disiapkan ketika akan mengajukan pinjaman tanpa agunan:

  1. Fotokopi KTP/e-KTP/KITAS.
  2. Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT).
  3. Fotokopi Kartu Kredit.

Untuk wiraswasta, dokumen yang perlu disiapkan ketika melakukan aplikasi KTA adalah:

  1. Fotokopi KTP/KITAS.
  2. Fotokopi Kartu Kredit.
  3. Fotokopi Rekening Tabungan (3 bulan terakhir).
  4. Fotokopi akta pendirian/SIUP/TDP.

Untuk profesional, berikut dokumen yang diperlukan untuk aplikasi kredit tanpa agunan:

  1. Fotokopi KTP/KITAS.
  2. Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT).
  3. Fotokopi Kartu Kredit.
  4. Fotokopi Surat Izin Profesi.

Berapa limit pinjaman tanpa agunan (KTA)?

Ketika dana cair dari pinjaman tanpa agunan, jumlahnya bisa bervariasi dan tak selalu sebesar yang kita minta. Umumnya, bank memberikan pinjaman dana tunai paling banyak sebesar Rp200-300 juta, sesuai syarat dan kondisi dari masing-masing bank tersebut.

Berapa minimum jumlah penghasilan agar pengajuan KTA disetujui?

Jumlah penghasilan akan menentukan apakah pengajuan KTA disetujui atau ditolak. Gaji dan penghasilan memberi bank perkiraan mengenai kemampuan membayar cicilan KTA kita. Semakin besar penghasilan, maka kans pengajuan KTA disetujui semakin besar.

Selain jumlah penghasilan, jumlah pinjaman dana tunai yang diberi bank dilihat dari limit kartu kredit. Besarnya pinjaman dana tunai dari bank biasanya akan mencapai 4 hingga 5 kali limit kartu kredit kita. Bank cenderung menyetujui pengajuan KTA kita jika cicilan pinjaman tanpa agunan per bulan tak lebih dari 40-60% total penghasilan kita.

Berapa limit minimum kartu kredit agar permohonan kredit tanpa agunan disetujui?

Pada umumnya, bank melihat limit kartu kredit dari calon nasabah KTA, sebesar minimum 1/4 dari jumlah pinjaman yang ingin diajukan. Limit kartu kredit untuk memperoleh pinjaman dana tunai dari bank secara umum dibulatkan menjadi Rp6 juta per bulan.

Berapa lama proses pengajuan KTA hingga pinjaman dana tunai dari bank bisa cair?

Proses pengajuan pinjaman tanpa agunan (KTA) umumnya membutuhkan waktu minimal 3-5 hari kerja, dan maksimal 14-21 hari kerja. Proses pengajuan personal loan bisa lebih cepat apabila data dan syarat dokumen pengajuan KTA sudah dilengkapi.

Ketika mengajukan permohonan KTA, apakah akan ada survey terhadap nasabah?

Untuk karyawan, pihak bank tak akan melakukan survey. Lain jika pengajuan kredit tanpa agunan datang dari profesiona atau pengusaha. Survey pengajuan KTA hanya berlaku untuk pemohon kredit yang mempunyai tempat usaha (wiraswasta atau profesional).

Biaya apa saja yang ada dalam proses pengajuan KTA?

  1. Biaya Provisi

Saat mengajukan kredit pribadi, baik kredit tanpa agunan (KTA) atau kredit multiguna (KMG), kita akan dikenakan biaya provisi. Biaya provisi adalah biaya balas jasa ke bank karena sudah menyetujui pinjaman dana tunai. Beberapa menganggap biaya provisi sama dengan biaya administrasi.

  1. Biaya di muka

Biaya di muka adalah biaya yang perlu dibayar di luar cicilan KTA. Jumlah biaya di muka bergantung kepada pihak bank. Dalam kasus kredit tanpa agunan, biasanya biaya di muka sebesar 1,5 – 5% dari total pinjaman.

  1. Biaya bunga

Biaya bunga adalah bunga pada kredit yang dikenakan oleh bank untuk kredit kita. Bunga yang dikenakan KTA lumayan besar, yakni antara 10-23% per tahun. Bunga KTA yang tinggi ini disebabkan karena bank tak meminta aset apapun sebagai jaminan pinjaman. Namun bunga KTA sifatnya flat, hingga memudahkan pembayaran cicilan.

  1. Penalti

Biaya penalti pinjaman tanpa agunan (KTA) adalah denda yang dikenakan bank jika pelunasan pinjaman tanpa agunan dipercepat oleh nasabah. Besarnya penalti bervariasi tergantung kebijakan masing-masing bank, namun umumnya mencapai 5-6% dari sisa tagihan pinjaman. Penalti juga berlaku untuk KMG.

  1. Biaya materai

Pihak bank biasanya meminta nasabah untuk membayar materai ketika mengajukan aplikasi kredit tanpa agunan. Biaya materai juga berlaku untuk KMG. Namun ada juga bank yang tak mengenakan biaya materai untuk personal loan (KTA) dan KMG.

  1. Biaya asuransi

Bank pemberi kredit tanpa agunan biasanya memberikan fasilitas asuransi jiwa untuk melindungi si penerima dana tunai. Perlindungan ini penting, mengingat tenor KTA yang cukup lama, dan jumlah pinjaman yang cukup besar. Hal itu membuat bank tak mau ambil risiko apabila nasabah KTA-nya tiba-tiba meninggal dunia.

Begitulah seluk beluk mengenai pinjaman tanpa agunan terbaik di Indonesia, yang bisa Anda pertimbangkan tahun ini. Dana tunai yang berasal dari pinjaman tanpa agunan, atau dikenal juga dengan kredit tanpa agunan (KTA) memang bisa membantu. Namun sebelum mengajukan pinjaman dana tunai atau personal loan, pastikan alokasi dananya jelas dan efektif. Ajukan Sekarang juga hanya di DiskonAja.